BŁyŁk Taklit Mercii
   Biografi
   Karya
   Hukum dan Fatwa
   Akidah
   Pesan-pesan
   Perpustakaan Fiqih
   Karya Putra Beliau
   Galeri

   E-Mail Listing:


 

PASAL X
QUNUT

Masalah 1136: Di dalam seluruh shalat wajib dan sunah, disunahkan membaca qunut sebelum mengerjakan rukuí pada rakaat kedua. Dan di dalam shalat Witir juga disunahkan membaca qunut sebelum rukuí meskipun shalat ini hanya berjumlah satu rakaat. Pada shalat Jumat, di dalam setiap rakaatnya disunahkan membaca qunut; sebelum rukuí pada rakaat pertama dan setelah rukuí pada rakaat kedua. Shalat Ayat memiliki lima kali qunut. Shalat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha memiliki lima kali qunut pada rakaat pertama dan empat kali qunut pada rakaat kedua.

Masalah 1137: Jika mushalli ingin membaca qunut, maka ia harus mengangkat kedua tangannya di hadapan wajahnya, dan tidak layak hal ini ditinggalkan. Disunahkan ia menengadahkan kedua telapak tangannya ke langit, mengangkat kedua telapak tangan tersebut sama rata, merapatkan jari-jemarinya selain ibu jari, dan memandang telapak tangannya.

Masalah 1138: Membaca zikir apa saja di dalam qunut sudah cukup meskipun sekadar membaca [سُبْحانَ اللهِ], dan sebaiknya mushalli membaca:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَليْمُ الْكَريْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظيْمُ، سُبْحانَ اللهِ رَبِّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ رَبِّ الْأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ مَا فِيْهِنَّ وَ مَا بَيْنَهُنَّ وَ رَبِّ الْعَرْشِ العَظيْمِ، وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Masalah 1139: Disunahkan mushalli membaca qunut dengan suara keras. Akan tetapi, jika mushalli mengerjakan shalat secara berjamaah dan imam shalat jamaah mendengar suaranya, maka tidak disunahkan ia membaca qunut dengan suara keras.

Masalah 1140: Jika ia sengaja tidak membaca qunut, maka tidak perlu qunut itu diqadha. Akan tetapi, jika ia lupa dan sebelum membungkuk sampai sebatas rukuí ingat (belum membaca qunut), maka disunahkan ia berdiri kembali dan membaca qunut. Jika ia ingat ketika sedang melakukan rukuí, maka disunahkan ia mengqadhanya setelah rukuí. Dan jika ia ingat ketika sedang melakukan sujud, maka disunahkan ia mengqadhanya setelah membaca salam.